Jumat, 13 Februari 2015

e-Learning (eLisa.ugm)



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Pada tugas softskill kali ini saya ditugaskan untuk menganalisa website mengenai e-learning. Disini saya memilih website e-learning Universitas Gadjah Mada yaitu http://elisa.ugm/.
eLisa.ugm adalah learning management system, atau sistem untuk mengelola pembelajaran secara online. Layanan ini dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada untuk memperkaya proses pendidikan bagi Dosen dan Mahasiswa.

Pada November 2011, eLisa memenangkan Anugrah ICT Indonesia (INAICTA) untuk kategori Learning Management System terbaik.
Ada berbagai fitur eLisa yang mudah-mudahan membuat pembelajaran secara online semenyenangkan tatap muka di kelas.
  • Komunitas. eLisa dirancang dengan konsep komunitas, sehingga mahasiswa yang sudah menyelesaikan sebuah course online dapat membantu dan memperkaya belajar adik kelasnya.
  • Ruang. Bahan kuliah di eLisa dipilah-pilah dalam ruang-ruang yang kecil sehingga lebih mudah dicerna oleh mahasiswa. Dalam setiap ruang, dosen bisa meng-upload bahan kuliah, mengadakan diskusi, serta menjalankan kuis dan tugas online.
  • Diskusi. eLisa menyediakan fitur diskusi yang praktis dan interaktif. Dengan adanya fasilitas “Setuju” dan layanan analisis diskusi, dosen dapat melakukan authentic assessment terhadap diskusi dengan lebih mudah.
  • Kuis Online. Fitur ini dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai bahan latihan. Tersedia tiga jenis soal, yaitu soal pilihan, soal isian, dan soal esai. Soal pilihan dan soal isian dapat dicek komputer secara otomatis.
  • Tugas Online. Dosen bisa mengadakan penugasan online, di mana pekerjaan mahasiswa tidak diserahkan langsung tetapi secara online di eLisa.
  • Mobile Version. Versi mobile eLisa (elisa.ugm.ac.id/m) mempermudah mahasiswa mengakses pembelajaran dari mana saja dengan bantuan handphone GPRS.
Untuk mempelajari langkah-langkah memakai eLisa, silahkan mulai dengan topik Registrasi. Atau jika Anda sudah register, langsung ke Membuat Komunitas.
Secara umum, langkah-langkah untuk memakai eLisa adalah sebagai berikut:
  1. Register
  2. Membuat komunitas
  3. Membuat ruang
  4. Mengupload bahan kuliah
  5. Mengundang mahasiswa
  6. Memulai diskusi
  7. Mengadakan kuis dan tugas

0 komentar:

Posting Komentar