Selasa, 28 April 2015

AKU DAN E-COMMERCE

        Kali ini, saya akan menceritakan mengenai pengalaman saya dengan belanja di Online Shop nih. Sebenarnya saya tidak suka berbelanja, karena menurut saya berbelanja adalah suatu hal yang merepotkan dan membuat kita menjadi bingung akan banyak segala pilihan yang ada untuk dibeli dan dimiliki, selain itu belanja sebenarnya membuat kita sebagai makhluk sosial menjadi "lapar mata" pada saat berbelanja, sebab sekalinya kita melihat barang-barang yang menarik, pasti kita akan mempunyai rasa ingin memiliki yang lebih besar.
       Sebelumnya kalian sudah tau belum dengan yang namanya E-Commerce? Pasti sudah kan? Yang biasanya kita suka sebut salah satunya dengan Online Shop. Jadi, E-Commerce itu adalah suatu jasa penjualan barang secara online atau kita tidak bertemu langsung dengan barangnya.
    Nah kali ini, saya membeli salah satu online shop yaitu Esgotado.com yang menjual Tas-tas dengan model masa kini, sebenarnya awalnya saya memang sedang mencari tas untuk ganti pada saat beraktivitas seperti kuliah, dan saya membuka akun Instagram saya dan saya menemukan Akun EsgotadoBags.com ini di Instagram, kebetulan sekali pada saat itu pula saya ingin mencari tas dengan model yang berbeda, dan ternyata saya menemukan Akun Instagramnya dan menemukan alamat websitenya pula. Tas yang kali ini saya temukan sesuai dengan apa yang saya inginkan, dengan kualitas yang baik, jahitan yang kuat dan dapat terpercaya.
       Tanpa berpikir panjang saya pun langsung melihat katalog yang berada di website-nya dan saya mencari tas yang sesuai dengan pilihan saya, dan saya menemukannya. Langsung saya membuat akun untuk melakukan proses pemesanan dan pembelian pada website tersebut, dengan memasukkan data-data yang sesuai diminta pada kolom Sign Up, jika sudah sesuai, berarti saya sudah terdaftar pada members EsgotadoBags dan dapat melakukan pembelian. Langsung saya melakukan pemilihan tas dan rain cover yang akan saya beli dan masukan ke Shopping Cart dan akan muncul harga yang sudah saya pesan barangnya, lalu setelah saya melakukan semua langkah-langkah yang sudah diperintahkan pada websitenya, akan melakukan proses pentransferan maksimal 24jam dari pemesanan, karena peraturan pada website tersebut jika melakukan proses pentransferan lebih dari 24jam, pemesanan akan dibatalkan. Sebelum melakukan pentransferan ada satu langkah yang terpenting, yaitu memilih pengiriman via JNE, atau Kantor Pos, sebenarnya Kantor Pos free untuk pengirimannya, tetapi waktu pengiriman yaitu 10 hari setelah barang jadi dan dipesan, tetapi jika kita ingin cepat menerima barang kita bisa memilih Shipping via JNE dengan memilih hari yang akan kita tentukan sendiri dan saya memilih paket OKE yaitu 2hari pengiriman dengan Ongkos Kirim 8000 rupiah, dan kita juga harus menentukan via apa kita akan mengirim uang untuk membayarnya, dan saya memilih BNI via ATM.
    Setelah semua dilakukan sesuai dengan langkah-langkah, saya menunggu beberapa hari agar barang saya sampai dengan selamat dirumah yang sudah saya berikan alamat pada saat saya membeli barangnya.
      Dan jika sudah ada email balasan dari web tersebut akan dikirim no resi barang yang akan kita cek untuk mengetahui sedang dimana kah barang kita berada, setelah itu cek pada website pengiriman barang yang sudah kita pilih untuk pengiriman. Pada saat barang tiba dirumah saya, saya merasa puas belanja online tanpa perlu panas-panasan dan lelah memilih barang-barang yang saya inginkan. Untuk belanja online ini sudah saya lakukan beberapa kali, dan untuk saat ini pembelian tas inilah yang saya suka, karena terpercaya dan menggunakan tampilan web yang bagus serta pelayanan yang baik untuk customernya.

Agar kita dapat mempercayai suatu onlineshop, kita harus melihat terlebih dahulu reputasi onlineshop tersebut dan mengetahui segala seluk beluk onlineshop serta melihat pengalaman dari orang terdekat agar tidak mudah tertipu dengan online shop yang suka menipu customernya (tidak terpercaya). Tetapi, kita sebagai masyarakat awam harus terus behati-hati terhadap segala semua kemungkinan penipuan yang ada.

Terima Kasih :)

Silahkan kritik dan saran bisa di tinggalkan dibawah ini^^,

0 komentar:

Posting Komentar